0

Apple rilis iOS 5 untuk iPhone, iPad, dan iPod touch


KOMPAS.com - Seperti yang telah dijanjikan, Apple hari Rabu (12/10/2011) merilis iOS 5 versi final. Sistem operasi mobile generasi terbaru ini siap menyokong iPhone, iPad, dan iPod touch dengan fitur-fitur baru, seperti wireless sync, dukungan iCloud, dan Notification Center baru.
Sebelum dapat upgrade ke iOS 5, pengguna harus telah menggunakan iTunes terbaru, versi 10.5 yang telah di-download sehari sebelumnya.
Dengan mengupdate perangkat Apple-nya ke iOS 5 bisa jadi ini kali terakhir pengguna melakukan backup, sync, dan update via iTunes ke komputer menggunakan kabel USB. Karena update OS ini memungkinkan pengguna melakukan pekerjaan di atas secara nirkabel, tanpa perlu menggunakan kabel. Ini semua berkat feature baru, Wi-Fi Sync.
iOS 5 tersedia untuk iPhone 4, iPhone 3GS, iPad 2, iPad generasi pertama, iPod touch generasi ketiga dan keempat. File update iOS 5 berbeda untuk setiap perangkatnya dan berukuran lebih dari 700 MB. Update ini juga tersedia untuk perangkat Apple TV. Smartphone Apple terbaru, iPhone 4S, yang akan resmi dipasarkan tanggal 14 Oktober juga akan mengusung iOS 5.
Sistem operasi baru ini mengusung lebih dari 200 fitur baru. Salah satu fitur baru yang ditunggu-tunggu adalah fitur notifikasi. Adalah Notification Center yang menyajikan semua update informasi terbaru dari aplikasi-aplikasi yang digunakan. Untuk melihatnya bisa diperbesar dengan cara menarik bagian atas layar ke bawah seperti yang disediakan platform Android.
Fitur yang lain yang membuatnya bakal bersaing ketat dengan BlackBerry adalah iMessage. Seperti diberitakan sebelumnya, ini merupakan layanan chat yang memungkinkan pengguna iPhone, iPod Touch, dan iPad saling berkomunikasi satu sama lain dengan push message. Persis seperti Blackberry Messenger (BBM), bisa kirim pesan teks, foto, kontak, bahkan video, serta membuat group chat. Ada pesan notifikasi kalau pesan terkirim serta indikator saat lawan chat sedang menulis.
Perubahan terbesar adalah tersedianya layanan iCloud yang menyediakan sinkronisasi konten berbasis cloud. Di sini pengguna dapat mengakses semua konten yang dimiliki dari berbagai jenis perangkat yang dimiliki apakah itu iPhone, iPad, atau iPod touch dari mana saja. Album foto dari berbagai perangkat bisa disinkronisasi dan tersimpan di cloud selama 30 hari. Lewat tambahan langganan iTunes on Cloud, track musik yang pernah dibeli dari iTunes juga tersimpan di cloud sehingga bisa diunduh berkali-kali kapan saja dari semua jenis perangkat.
Selain tambahan fitur-fitur utama tersebut, iOS 5 juga menyediakan fitur yang lebih memudahkan pengguna. Misalnya, split keyboard yang baru dan tambahan fitur pada aplikasi kamera. Pesan atau reminder juga tidak hanya diintegrasikan dengan kalender tapi juga dengan lokasi pengguna berada. Ada juga aplikasi Newsstand sebagai tempat mengakses konten majalah dan suratkabar digital. Browser Safari juga mendapat penambahan fitur dan peningkatan kinerja.

|

0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2009 sukasuka All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.